PENGERTIAN
MINAT
Hurlock
(1993) minat adalah sumber motivasi yang mmendorong seseorang untuk melakukan
apa yang ingin dilakukan ketika bebas memilih.
Guilford
(1956) minat adalah kecenderungan untuk memperhatikan dan mencari objek-objek
tertentu, dan perhatian terhadap objek tersebut cenderung mempengaruhi perilaku
individu dalam kegiatan-kegiatan lain.
Chaplin
(1989) menyebutkan bahwa interes atau minat dapat diartikan sebagai:
1.
Suatu sikap yang
berlangsung terus menerus yang member pala pada perhatian seseoang sehingga membuat
dirinya selektif terhadap objek minatnya.
2.
Perasaan yang
menyatakan bahwa satu aktivitas pekerjaan atau objek itu berharga atau berarti
bagi individu.
3.
Satu keadaan
motivasi atau satu set motivasi yang menuntut tingkah laku.
Selain menggunakan tes-tes, dilakukan juga dengan
cara:
- Wawancara
1.
Hal yang penting
yang digali dalam wawancara antara lain:
·
Kegiatan-kegiatan
penting selama perkembangan
·
Akibat-akibat
penyakit atau kecelakaan
·
Tinggal dan
dibesarkan dimana dan oleh siapa
·
Kebiasaan baik
dan buruk
2.
Peristiwa-peristiwa
yang relevan dengan aspirasi, kemampuan, minat dan penyesuaian diri.
3.
Tingkat sosial
ekonomi
4.
Riwayat
pendidikan:
-
Mata pelajaran
yang disukai dan tidak disukai
-
Mata pelajaran
yang nilainya tertinggi dan terendah
-
Hobby
-
Mengisi waktu
luang
-
Minat
-
Cita-cita
- Observasi
Observasi di kelas, di luar kelas (sekolah), di
rumah. Bila memugkinkan juga dilakukan observasi guru dan orangtua siswa.
TES
MINAT
EK Strong, Jr. (1994)àStrong Interest Inventory
(SII)
§ Pertama kali diterbitkan tahun 1927 bernama Strong
Vocarional Interest Blank (SVIB)
SII Form T317àDeskripsi
Umum:
- Terdiri
dari 317 item yang dikelompokkan dalam 8 bagian:
- 5
bagian I à responden
mencatat preferensinya dengan membuat tanda S(suka), T (tidak suka), TT
(tidak tahu). Kategori soal: pekerjaan, mata pelajaran standar, aktivitas,
aktivitas waktu luang, hubungan sehari-hari dengan kelompok2 orang.
- 2
bagian tambahan à meminta
responden menyatakan pilihan diantara aktivitas-aktivitas pasangan dan antara
semua pasangan yang mungkin dari 4 butir soal dari dunia kerja.
- 1
bagian terakhir à meminta
responden untuk memberi tanda pada satu rangkaian pernyataan yang
menggambarkan diri sendiri.
SDS
Holland
Klasifikasi
ini diturunkan menjadi model teoritis dari Holland à
membuat general occupational themes dengan identifikasi:
- R : realistis
- I : investigatif
- A : artistik
- S : sosial
- E : kewirausahaan
·
C : convensional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar