Sabtu, 12 Mei 2012

MINAT



PENGERTIAN MINAT

Hurlock (1993) minat adalah sumber motivasi yang mmendorong seseorang untuk melakukan apa yang ingin dilakukan ketika bebas memilih.

Guilford (1956) minat adalah kecenderungan untuk memperhatikan dan mencari objek-objek tertentu, dan perhatian terhadap objek tersebut cenderung mempengaruhi perilaku individu dalam kegiatan-kegiatan lain.
Chaplin (1989) menyebutkan bahwa interes atau minat dapat diartikan sebagai:
1.      Suatu sikap yang berlangsung terus menerus yang member pala pada perhatian seseoang sehingga membuat dirinya selektif terhadap objek minatnya.
2.      Perasaan yang menyatakan bahwa satu aktivitas pekerjaan atau objek itu berharga atau berarti bagi individu.
3.      Satu keadaan motivasi atau satu set motivasi yang menuntut tingkah laku.

Selain menggunakan tes-tes, dilakukan juga dengan cara:
  1. Wawancara
1.      Hal yang penting yang digali dalam wawancara antara lain:
·         Kegiatan-kegiatan penting selama perkembangan
·         Akibat-akibat penyakit atau kecelakaan
·         Tinggal dan dibesarkan dimana dan oleh siapa
·         Kebiasaan baik dan buruk
2.      Peristiwa-peristiwa yang relevan dengan aspirasi, kemampuan, minat dan penyesuaian diri.
3.      Tingkat sosial ekonomi
4.      Riwayat pendidikan:
-                      Mata pelajaran yang disukai dan tidak disukai
-                      Mata pelajaran yang nilainya tertinggi dan terendah
-                      Hobby
-                      Mengisi waktu luang
-                      Minat
-                      Cita-cita

  1. Observasi
Observasi di kelas, di luar kelas (sekolah), di rumah. Bila memugkinkan juga dilakukan observasi guru dan orangtua siswa.


TES MINAT
EK Strong, Jr. (1994)àStrong Interest Inventory (SII)
§  Pertama kali diterbitkan tahun 1927 bernama Strong Vocarional Interest Blank (SVIB)

SII Form T317àDeskripsi Umum:
  • Terdiri dari 317 item yang dikelompokkan dalam 8 bagian:
  • 5 bagian I à responden mencatat preferensinya dengan membuat tanda S(suka), T (tidak suka), TT (tidak tahu). Kategori soal: pekerjaan, mata pelajaran standar, aktivitas, aktivitas waktu luang, hubungan sehari-hari dengan kelompok2 orang.
  • 2 bagian tambahan à meminta responden menyatakan pilihan diantara aktivitas-aktivitas pasangan dan antara semua pasangan yang mungkin dari 4 butir soal dari dunia kerja.
  • 1 bagian terakhir à meminta responden untuk memberi tanda pada satu rangkaian pernyataan yang menggambarkan diri sendiri.

SDS Holland
  Klasifikasi ini diturunkan menjadi model teoritis dari Holland à membuat general occupational themes dengan identifikasi:
  • R         : realistis
  • I           : investigatif
  • A         : artistik
  • S          : sosial
  • E          : kewirausahaan
·         C         : convensional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar